Article

Product

Brand

Product Country

Perbedaan Alat Vortex Mixer dengan alat laboratorium serupa

Halo sobatlab, ketemu lagi nih dengan minlab. Dikesempatan kali ini minlab coba bahas apa sih perbedaan alat vortex mixer dengan alat laboratorium lainnya, karena yang kita tahu vortex mixer merupakan alat pengaduk cairan yang ada di laboratorium lantas apa bedanya vortex mixer dengan alat pengaduk lainnnya seperti stirrer/magnetic stirrer dan centrifuge padahal kedua alat bersifat seperti pengaduk dan cara kerja nya sama-sama berputar, yuk simak penjelasannya.

Bagi yang belum paham dengan alat vortex mixer silahkan klik artikel minlab sebelumnya tentang penjelasan lengkap vortex mixer

Perbedaan dengan Centrifuge

Vortex mixer merupakan alat yang digunakan untuk mencampur larutan yang terdapat pada tabung reaksi. Dengan kata lain vortex mixer alat yang digunakan untuk proses homogenisasi, dimana homogenisasi yaitu suatu proses yang digunakan apabila ingin mencampurkan suatu cairan supaya tercampur rata oleh sebuah motor listrik yang dipasang vertikal.

Sedangkan centrifuge merupakan alat yang digunakan untuk memutarkan cairan melalui media motor listrik dengan menempatkan suatu wadah di rotasi sekitar sumbunya. Prinsip kerjanya yaitu melawan gaya tarik bumi dengan kekuatan sentrifugal sehingga partikel yang terlarut dalam cairan akan terpilah keluar dari pusat putaran, dimana partikel dengan berat paling besar akan terlempar terlebih dahulu.

Dengan kata lain centrifuge meruapakan alat untuk memutar sampel dengan kecepatan tinggi, yang dapat memaksa partikel lebih berat terkumpul ke dasar tabung yang sering digunakan dalam memisahkan komponen sel darah dari cairannya sehingga cairannya bisa dipakai dalam proses pemeriksaan. Centrifuge memiliki prinsip sedimentasi yang pada suatu percepatan sentripetal sehingga mengakibatkan zat padat terpisahkan sepanjang arah radial (bagian bawah tabung).

Perbedaan dengan Magnetic Stirrer

Sama-sama memiliki cara kerja berputar dan sebegai pengaduk cairan berikut penjelasan perbedaan dengan vortex mixer dan magnetic stirrer.

Sedangkan magnetic stirrer merupakan alat yang digunakan untuk memanaskan dan mengaduk suatu larutan satu dengan yang lain agar membuat suatu larutan homogen dengan bantuan stir bar atau batang magnet, dimana prinsip kerjanya berupa plat yang dapat dipanaskan dan terhubung antara dua magnet (motor dan stir bar) yang dimasukkan dalam wadah sehingga dapat mempercepat pengadukan.

Penutup

Akhir kata, semoga sobat ab semua mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari artikel perbedaan alat vortex mixer dengan alat laboratorium lainnya, jika ada kebutuhan dengan alat Vortex Mixer minlab bisa merekomendasikan produk-produk berkualitas dan pasti cocok dengan kebutuhan sobat lab semua, pelajari apa yang bisa minlab support untuk kemajuan lab kamu di katalog produk vortex mixer. Banyak informasi menarik yang bisa sobat lab dapatin disana. Sampai ketemu di artikel minlab selanjutnya. 🙂

Sumber Referensi:

Quotation Form

Perbedaan alat vortex mixer