Article

Product

Brand

Product Country

Penjelasan Fungsi Vortex Mixer Beserta Cara Penggunaannya

Halo Sobatlab ketemu lagi nih sama minlab, semoga gak bosen-bosen ya sama artikel yang mimin kasih, nah kali ini mimin coba share artikel tentang Penjelasan Fungsi Vortex Mixer Beserta Cara Penggunaannya. Bagi sobatlab yang belum paham sama Vortex Mixer berikut penjelasan singkat nya, Vortex Mixer adalah merupakan perangkat yang umum digunakan untuk mencampur larutan yang ada dalam tabung reaksi. Dimana perangkat tersebut terdiri dari sebuah motor listrik yang dipasang vertikal dan diujungnya terdapat karet yang dipasang sedikit keluar dari posisi tengah. Biasanya perangkat ini difungsikan sebagai alat homogenizer sampel penelitian.

Sudah sedikit paham kan penjelasan singkat diatas, sekarang yuk langsung ke pokok pembahasannya.

Daftar Isi:

  1. Fungsi Vortex Mixer
  2. Sejarah tentang Vortex Mixer
  3. Penemu Vortex Mixer
  4. Cara kerja Vortex Mixer
  5. Cara penggunaan Vortex Mixer
  6. Bagian-bagian Vortex Mixer
  7. Penutup

1. Fungsi Vortex Mixer

Vortex mixer merupakan perangkat yang umum digunakan untuk mencampur larutan yang ada dalam tabung reaksi. Dimana perangkat tersebut terdiri dari sebuah motor listrik yang dipasang vertikal dan diujungnya terdapat karet yang dipasang sedikit keluar dari posisi tengah. Biasanya perangkat ini difungsikan sebagai alat homogenizer sampel penelitian

Perangkat ini juga dikenal sebagai alat yang digunakan untuk melakukan proses homogenisasi atau menyeragamkan cairan, akan tetapi  jumlah cairan yang dapat dihomogenkan vortex mixer terbilang kecil jika dibandingkan dengan alat homogenizer lainnya disebabkan olehperangkat hanya mampu menampung wadah kecil seperti tabung reaksi, tabung sentrifuse, ependorf, falkon, atau wadah penampung lain yang berukuran kecil.

Sobat lab dengan mudah menemukan perangkat ini pada sebuah laboratorium biokimia dan laboratorium analitik. Dalam laboratorium biokimia, vortex mixer sering digunakan sebagai homogenizer untuk menyeragamkan reagen yang digunakan untuk uji aktivitas enzim. Instrumen ini akan melakukan proses homogenisasi pada buffer, substrat, dan tentunya enzim,

2. Sejarah tentang Vortex Mixer

sumber: americanhistory.si.edu

Vortex Mixer pertamakali ditemukan pada akhir tahun 1950an oleh Kraft bersaudara yaitu Jack Albert Kraft dan Harold D. Kraft. Perangkat ini lambat laun menjadi standar peralatan laboratorium. Pada awalnya disebut dengan nama Super Mixer yang diproduksi oleh perusahaan berbasis di Illinois-Amerika yang bernama Lab-line Instrument Inc., yang dibuat sekitar tahun 1965. Terbuat dari campuran logam dan karet.

3. Penemu Vortex Mixer

Vortex mixer merupakan alat sederhana yang umumnya digunakan di laboratorium yang berguna untuk mencampur cairan dalam wadah kecil atau mencampur sampel eksperimental dan pencairan. Penemu vortex mixer adalah Kraft bersaudara, yaitu Jack A. dan Harold D. Kraft, pada tahun 1959. Keduanya bekerja untuk Scientific Industries yang merupakan produsen alat-alat laboratorium.

4. Cara Kerja Vortex Mixer

Prinsip kerja vortex mixer yaitu mencampur/mixing/menghomogen agar komposisi sample rata. Vortex mixer terdiri dari sebuah motor listrik yang dipasang vertikal dan diujungnya terdapat karet yang dipasang sedikit keluar dari posisi tengah. Kemudian ketika wadah atau tabung reaksi yang sesuai dengan ukuran karet dan kemudian di masukan maka wadah atau tabung akan mengikuti perputaran motor.

Dengan kata lain, perangkat vortex mixer tersusun atas motor mesin yang dialiri listrik dan memiliki poros penggerak. Poros tersebut akan bergerak vertikal saat perangkat dihidupkan/dinyalakan. Untuk menampung sampel, perangkat ini memanfaatkan potongan karet yang dipasang sedikit di luar pusat alat.

Potongan karet tersebut kemudian akan ikut bergerak karena poros penggerak pada motor mesin. Motor mesin berosilasi dengan karet dalam gerakan melingkar yang sangat cepat. Gerakan ini kemudian akan menciptakan pusaran pada cairan. Pusaran tersebut akan menyatukan zat-zat yang sebelumnya terpisah hingga molekulnya terseragamkan.

Pada umumnya, platform (3 inci) yang terdapat pada perangkat menerima tabung reaksi tunggal atau ganda, gelas kimia dan berbagai labu. Penutup yang dapat dilepas, dibuat karet termoplastik, sangat tahan terhadap bahan kimia. Namun, disarankan agar tumpahan dibersihkan dengan cepat. Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan Platform 3 inci tanpa penutup karet. Piala Pop-off dapat menampung tabung hampir semua ukuran atau bentuk dari tabung mikro hingga yang berukuran hingga 40mm diameter dan panjang 200 mm. Dalam kebanyakan kasus, tabung tanpa tutup dapat dicampur dengan kontrol kecepatan yang tepat  Tabung harus ditutup ketika aerosol potensial mungkin berbahaya.

5. Cara Penggunaan Vortex Mixer

Cara menggunakan vortex mixer yang benar dan sesuai sebagai berikut:

  • Hubungkan perangkat pada sumber listrik dengan line cord/kabel yang tersedia.
  • Nyalakan perangkat dengan menekan atau memutar saklar hingga berada pada posisi β€œON”.
  • Atur kecepatan perangkat sesuai dengan kebutuhan.
  • Perlu diperhatikan untuk selalu memegang wadah penampung sampel dengan kuat agar tidak terlempar dan cairan bisa menjadi homogen.

Video tutorial cara menggunakan Vortex Mixer

6. Bagian-bagian Vortex Mixer

Bagian-bagian Vortex Mixer

  1. Rubber
  2. Platform
  3. Pop-off Cup
  4. Spring, Extension, Eccentric
  5. Motor Assembly (100/120/230V Opsional)
  6. Speed Control (100/120/240V opsional)
  7. Bottom closure dengan Feet Kit
  8. Digital Pulse Board/ Micro switch
  9. Knob, Push On & Switch On/Off  
  10. Pulse Eccentric with Clamp Assembly
  11. Line Cord (plug opsional)

7. Penutup

Akhir kata, semoga sobat lab semua mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari artikel fungsi vortex mixer Beserta Cara Penggunaannya, jika ada kebutuhan dengan alat Vortex Mixer minlab bisa merekomendasikan produk-produk berkualitas dan pasti cocok dengan kebutuhan sobat lab semua, pelajari apa yang bisa minlab support untuk kemajuan lab kamu di katalog produk vortex mixer. Banyak informasi menarik yang bisa sobat lab dapatin disana. Sampai ketemu di artikel minlab selanjutnya. πŸ™‚

Quotation Form

fungsi vortex mixer beserta bagiannya