Article

Product

Brand

Product Country

Tips merawat neraca analitik agar dapat digunakan dalam waktu yang lama

Halo sobat lab, ketemu lagi nih sama minlab semoga gak bosen-bosen yah sama artikel yang minlab tulisinin, minlab tau kamu datang kesini pasti nyari informasi tentang Tips merawat neraca analitik dan memelihara neraca analitik bukan hehe, iyalah pastinya karena dijudul tertulis seperti itu :p .

Disini minlab posisikan kamu sudah punya atau memiliki dengan alat yang nama nya neraca analitik ya, dan sudah paham dengan cara kerja alat ini, eitss tunggu dulu, tenang aja kalua kamu belum tau sini minlab kasih paham, baca artikel tentang fungsi neraca analitik yang udah minlab posting sebelumnya ya, kamu bisa klik link disini untuk dapat informasi lebih lanjut.

Yuk langsung kepembahasannya aja ya, minlab sudah kumpulin artikel yang semoga berguna buat sobat lab semua gimana cara merawat neraca analitik supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Cekidot

Daftar Isi:

  1. Fungsi Neraca Analitik
  2. Perawatan Neraca Analitik
  3. Cara membersihkan Neraca Analitik
  4. Kalibrasi Neraca Analitik
  5. Penutup

Untuk sekedar merefresh pengetahuan kita tentang alat tersebut yuk simak penjelasan singkat tentang neraca analitik.

Fungsi Neraca Analitik

Merupakan neraca/timbangan yang dirancang khusus untuk mengukur massa kecil dalam rentang sub-miligram. Neraca analitik dapat mengukur hingga 0,1 mg atau 0,0001 gram (4 digit) untuk menentukan massa benda padat, cairan, bubuk, dan zat granular. Bagian piringan pengukur neraca analitik berada dalam kotak transparan yang berfungsi untuk melindungi angin dan debu agar tidak mempengaruhi operasional timbangan, kotak pelindung tersebut biasa disebut pelindung angin (wind shield).

Oke, masuk ke pembahasan selanjutnya ini Langkah dalam melakukan perawatan neraca analitik yang minlab himpun untuk kamu

Perawatan Neraca Analitik

Pemeliharaan memiliki tujuan agar pengoperasian perangkat yang berkelanjutan dan presisi sebagai investasi jangka panjang guna menjamin konfigurasi, kalibrasi, dan penyesuaian yang benar.

Pemeliharaan preventif akan dilakukan sesuai dengan standar pabrikan serta jangka waktu yang ditentukan dalam kontrak antara pelanggan. Dalam hal ini kepuasan pelanggan total dapat dijamin hanya apabila produk dilindungi oleh dukungan layanan yang dapat meningkatkan nilai kepuasan. Oleh karena itu, pemeliharaan preventif yang teratur tidak hanya meningkatkan masa pakai perangkat dan memastikan bahwa perangkat telah disetel, dikalibrasi dengan benar setiap saat, akan tetapi dapat mencegah lifetime yang berkurang.

Penyedia layanan akan menyediakan teknisi servis khusus yang faham dengan perangkat, mengurus dokumentasi khusus produk dan menerbitkan sertifikat kalibrasi dan pengujian, secara proaktif mengganti komponen yang kritis, serta menerima pelatihan yang komprehensif dan terdokumentasi dalam menjaga kualifikasi perangkat tetap update.

Manfaat pemeliharaan:

  • Menjaga performa peralatan yang baik secara konsisten
  • Lifetime perangkat terjaga, dan tidak ada waktu henti yang tidak perlu dan mahal
  • Dokumentasi lengkap

Jadwal Pemeliharaan:

Pemeliharaan dapat dilakukan selang waktu bulanan hingga setiap 2 (dua) tahun, tergantung pada kondisi operasi perangkat, dimana seluruh sistem komponen akan diperiksa.

Gimana udah dapat input baru belum tentang cara merawat alat tersebut, kalau masih dirasa kurang dan butuh penjelasan teknis dari yang ahlinya kamu bisa kontak tim minlab biar kamu bisa dapatin semua yang kamu butuhin.

Tim minlab siap membatu jika kamu butuh bantuan dan jasa perawatan neraca analitik, dijamin kamu gak bakal kecewa, karena tim minlab udah banyak menanganin hal semacam itu dan sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun nanganin hal tersebut, ini ya kontak WA tim minlab yang bisa kamu hubungin 08118135828

Lanjut ke materi selanjutnya ya, memberishkan neraca analitik merupakan salah satu hal penting dalam merawat neraca analitik kamu agar selalu bersih dan terhindar dari menurunnya kualitas timbangan karena banyaknya kotoran yang menempel pada sisi dan sudut alat tersebut.

Cara Membersihkan Neraca Analitik

Dalam rangka memelihara kualitas dan higienitas perangkat perlu adanya tindakan pembersihan secara berkala. Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang prosedur-prosedur pembersihan yang dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Perangkat dengan flat perisai draf kaca atau analytical draft shield.

Tahap persiapan yang dapat dilakukan antara lain:

Matikan perangkat
Putuskan sambungan perangkat dari sumber tegangan dengan cara melepaskan kabel power dari stopkontak.
Buka keseluruhan panel samping pelindung draf dan panel atas
Lepaskan panci tempat penimbangan dan semua komponen terkait dari penimbangan pemisah atau kompartemen seperti pelat pelindung, penyangga panci.

Metode melepas panel samping: Apabila perangkat tersebut memiliki pelindung draf analisis, maka tekan dan tahan tombol pengunci pada gagang pintu dan tarik panel samping sepenuhnya keluar dari bantalan atau rel pemandu. Sedangkan apabila perangkat tersebut disertai dengan pelindung draf kaca datar, maka tekan dan tahan tombol pngunci pada gagang pintu kemudian tarik panel samping sepenuhnya sampai keluar dari bantalan rel..
Metode melepas panel atas: Dalam melepas panel atas dapat dilakukan dengan cara menekan dan tahan tombol pengunci pada gagang pintu dan tarik panel atas sepenuhnya sampai keluat dari bantalan rel pemandu.

Uraian tersebut dapat dilustrasikan sebagai berikut: (Sumber gambar: sartorius.com)

 

2. Perangkat dengan frame draft shield.

Tahap persiapan yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Matikan perangkat
  2. Putuskan sambungan perangkat dari sumber tegangan dengan cara melepaskan kabel power dari stopkontak.
  3. Lepaskan pelindung rangkaian bingkai (1) dan bersihkan dengan sikat atau kain pembersih yang lembab
  4. Lepaskan panci penimbangan (2)
  5. Lepaskan pelat pelindung (3) dan penyangga panci (4)

Sumber: sartorius.com

3. Metode membersihkan perangkat

Ketika akan melakukan pembersihan perangkat maka yang harus dihindari adalah bahan pembersih yang tidak sesuai, karena hal itu dapat menyebabkan korosi atau kerusakan pada perangkat, bahkan dapat mengurangi umur perangkat. Bahan-bahan yang perlu diperhatikan dalam membersihkan perangkat, antara lain:

  1. Dilarang menggunakan bahan pembersih yang sifatnya korosi, mengandung klorida, atau agresif lainnya
  2. Dilarang menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan abrasive, seperti penggosok, dan wol baja atau sikat serabut baja
  3. Dilarang menggunakan bahan pembersih berbahan dasar pelarut
  4. Harap diperiksa Kembali bahwasanya bahan pembersih yang digunakan merupakan bahan yang sesuai standar yang ditetapkan
  5. Memastikan bahwa bahan pembersig misalkan kain, tidak terlalu lembab.

 

4. Metode lain yang dianjurkan

  1. Apabila terjadi dan/atau notifikasi korosi atau kerusakan karena masuknya uap air debu, maka segera bersihkan debu dan residu yang ada dengan sikat maupun penyedot debu pembersih
  2. Apabila terjadi dan/atau notifikasi korosi atau kerusakan pada panci timbang disebabkan pembersihan yang tidak sesuai dengan prosedur, maka seka atau lap alat timbangan, pelat pelindung, dan panci penimbangan dengan bahan pembersih dan kain, dimana bahan pembersih harus cocok untuk baja tahan karat dan titanium.
  3. Bersihkan komponen-kompone yang terkait dengan panci timbang dengan sikat atau kain pembersih yang lembab, seperti pelat pelindung dan panci penopang
  4. Seka atau lap rumah perangkat atau housing dengan kain lembab, apabila terjadi kontaminasi yang cukup parah, maka gunakan larutan sabun yang lembut.
  5. Apabila terkait dengan perangkat pelindung draf analisis atau pelindung draf kaca data, maka lap ruang penimbangan dengan kain lembab, kemudian apabila terjadi kontaminasi yang cukup parah, maka gunakan larutan sabun yang ringan
  6. Dianjurkan membersihkan panci timbang secara teratur, seperti setiap minggu, kemudian jangan biarkan endapan terbentuk pada panci penimbangan.
  7. Untuk perlindungan tamabahan, inyak pelindung dapat dioleskan ke panci penimbangan secukupnya, dimana minyak tersebut harus cocok untuk baja tahan karat dan titanium.
  8. Setelah selesai melakukan pembersihan perangkat, maka masukkan kembali semua komponen ke dalam perangkat. Kemudian sambungkan kembali perangkat ke sumber tegangan.

Gimana sobat lab sudah paham kan dengan pemaparan tentang cara membersihkan neraca analitik, semoga sobat lab semua bisa menerapkan hal yang benar ya sama alat tersebut.

Tata cara membersihkan alat tersebut minlab mereferensi dari situs Sartorius, yang belum kenal dengan Brand tersebut minlab coba jelasin sedikit ya, brand internasional yang udah berpengalaman selama puluhan tahun yang bermarkas di jerman dan menjadi pemain penting dalam penjualan timbangan laboratorium dan alat laboratorium lainnya di pasar global.

Yang mau tau lebih lanjut apa saja alat yang kami jual dari sartorius bisa cek katalog nya disini.

Lanjut yuk ke bagian selanjutnya, ini bagaimana cara mengkalibrasi neraca analitik yang minlab rangkum dari berbagai sumber, cekitdot.

Kalibrasi Neraca Analitik

Kalibrasi, Penyesuaian, dan Linearisasi

Selama kalibrasi, bobot kalibrasi digunakan untuk menentukan seberapa jauh nilai yang ditampilkan menyimpang dari nilai sebenarnya. Penyimpangan ini dibandingkan dengan nilai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Penyesuaian selanjutnya menghilangkan penyimpangan ini. Selama linearisasi, penyimpangan nilai dari kurva karakteristik ideal dikoreksi.

Kalibrasi dan penyetelan harus dilakukan secara teratur:

  1. Setiap hari, setiap kali perangkat dihidupkan
  2. Setelah setiap leveling
  3. Setelah mengubah kondisi sekitar (suhu, kelembaban, atau tekanan udara)
  4. Setelah mengatur perangkat di situs instalasi baru

Kalibrasi dan penyesuaian dapat dilakukan dengan cara yang berbeda:

  1. Menyesuaikan dengan fungsi isoCAL
  2. Kalibrasi atau penyesuaian internal atau eksternal
  3. Untuk neraca semi-mikro dan neraca analitik: Linierisasi interna

Hanya kalibrasi/penyesuaian internal yang dimungkinkan untuk semua perangkat yang dinilai kesesuaiannya dalam metrologi legal.

Menyesuaikan dengan Fungsi isoCAL

Perangkat dapat secara otomatis dikalibrasi dan disesuaikan secara internal menggunakan fungsi isoCAL.

Persyaratan

  1. Perangkat tidak terletak di menu.
  2. Input alfanumerik tidak aktif.
  3. Beban pada panci timbang tetap tidak berubah selama 2 menit
  4. Beban pada timbangan tidak lebih dari 2% dari maksimum kapasitas
  5. Perangkat tidak mendaftarkan input selama 2 menit.
  6. Jika semua persyaratan untuk memulai fungsi isoCAL terpenuhi dan salah satu kondisi berikut terjadi: Fungsi isoCAL dipicu secara otomatis.

Kondisi yang memungkinkan adalah:

  1. Suhu sekitar telah berubah sejak penyesuaian/kalibrasi terakhir.
  2. Waktu interval terlampaui
  3. Perangkat telah diratakan.
  4. Perangkat telah diputuskan dari catu daya sejak penyesuaian/kalibrasi terakhir (hanya untuk model yang dinilai sesuai).

Prosedur

  1.  Jika fungsi mulai otomatis isoCAL diatur (nilai konfigurasi untuk “ISOCAL” parameter) :
  2. Jika fungsi isoCAL dipicu sesuai dengan kondisi yang disebutkan di atas: Tombol [isoCAL] berkedip di tampilan pengoperasian.
  3. Dalam tampilan pengoperasian, tampilan waktu menghitung mundur dari 15 detik ke 0
  4. Jika tidak ada perubahan beban atau tidak ada operasi yang dilakukan pada perangkat sebelum berakhirnya tampilan waktu: Fungsi isoCAL dimulai.
  5. Jika fungsi mulai manual isoCAL diatur (nilai konfigurasi untuk parameter “ISOCAL”, Jika fungsi isoCAL dipicu: Tombol [isoCAL tombol ] berkedip di tampilan pengoperasian
  6. Tekan tombol [isoCAL].
  7. Fungsi isoCAL dimulai.

 

Nah sekarang sudah hampir tiba di bagian penutup, jadi kesimpulannya adalah setiap alat/barang yang kita gunakan sehari-hari maupun dalam mendukung pekerjaan kita pasti akan mencapai masa pakai nya, sepatutnya kita menjaga dan merawat semaksimal mungkin terhadap alat yang kita gunakan agar dapat kita pergunakan dalam kurun waktu yang lama.

Jika sobat lab sedang mengalami masalah dalam menangani alat tersebut contohnya sedang mengalami kerusakan atau butuh bantuan teknis untuk mengkalibrasi neraca analitik milik kamu, jangan sungkan untuk menghubungi minlab, karena minlab siap membantu setiap masalah teknis yang kamu hadapin. Tim minlab bisa dihubungin di nomor WA 0811 8135 828 atau melalui email di info@sainsteel.co.id

Penutup

Akhir kata, semoga sobat lab semua mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari artikel yang minlab tulis, jika ada kebutuhan alat neraca analitik minlab bisa merekomendasikan produk-produk berkualitas dan pasti cocok dengan kebutuhan sobat lab semua, pelajari apa yang bisa minlab support untuk kemajuan lab kamu di katalog produk neraca analitik . Banyak informasi menarik yang bisa sobat lab dapatin disana. Sampai ketemu di artikel minlab selanjutnya. 🙂

Quotation Form

Tips Merawat Neraca Analitik