Article

Product

Brand

Product Country

Panduan Tata Cara Troubleshooting Neraca Analitik

Halo Sobatlab ketemu lagi sama minlab, pada kesempatan kali ini minlab akan sharing artikel Panduan Tata Cara Troubleshooting Neraca Analitik, untuk yang belum paham sama fungsi neraca analitik yang nantinya akan minlab bahas silahkan baca artikel minlab sebelumnya disini.

Daftar Isi:

  1. Bagian-bagian Neraca Analitik
  2. Troubleshooting Neraca Analitik
  3. Penutup

Sebelum masuk ke materi utama artikel simak dulu penjelasan singkat bagian-bagian dari neraca analitik.

Yuk simak pembahasannya.

Bagian-bagian neraca analitik

  • Weighing pan: Sebagai wadah untuk meletakkan sampel bahan yang akan diukur
  • Wind Shield: Sebagai pelindung dari angin dan debu
  • LCD Display: Menampilkan hasil penimbangan
  • Level Adjustment feet: Untuk mengatur kerataan timbangan
  • Tare Button
  • Power Button: menghidupkan/mematikan power pada neraca analitik
  • Door Handle: Membuka dan menutup wind shield
  • Anak Timbangan: Kalibrasi external

Troubleshooting Neraca Analitik

Beberapa kegagalan pengoperasian pada neraca analitik dapat diketahui melalui berbagai indikasi, antara lain:

1. Tampilan pengoperasian tidak muncul atau kosong pada layar.

Hal ini dapat disebabkan oleh perangkat terputus dan/atau adaptor AC tidak tersambung. Untuk menyelesaikan masalah di atas, pengguna dapat memeriksa terlebih dahulu sambungan dari perangkat ke catu daya atau sumber tegangan, selanjutnya hubungkan kabel power ke sumber tegangan. (6.3, 35)

2. Nilai bobot yang ditampilkan di layar berubah secara konstan.

Masalah tersebut di atas dapat terjadi disebabkan oleh situs instalasi yang tidak stabil dan/atau adanya benda asing yang diletakkan di antara panci timbang dan wadahnya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat dilakukan penyesuaian parameter untuk kondisi sekitar atau ubah situs instalasi. Kemudian jika kondisi adanya benda asing disekitar panci timbang, maka keluarkan benda asing tersebut. (5.2, 26)

3. Pembacaan berat yang terdapat di layar perangkat terdapat kesalahan.

Masalah tersebut muncul apabila perangkat tidak dilakukan kalibrasi dan/atau perangkat tidak ditara (dibandingkan) sebelum ditimbang. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat dilakukan pengkalibrasian dan pentaraan pada perangkat.

4. Tampilan Leveling berkedip.

Masalah tersebut muncul akibat posisi perangkat yang tidak rata pada bidang datar, maka perangkat harus ditingkatkan. (8.2, 49)

5. Tampilan nilai bobot tidak valid.

Masalah tersebut akan muncul setelah terjadi kesalahan ketika menekan tombol ubah (change), dimana pada waktu yang bersamaan, fungsi (beralih antar satuan berat atau “Toggle between weight unit”) terkunci.

Adapun beberapa notifikasi yang muncul  pada tampilan layar diantaranya:

  • ERR”, maka perangkat harus diratakan dengan cara tingkatkan perangkat.(8.2, 49)
  • ER”, maka perangkat harus dikalibrasi
  • xx”, tampilan tersebut disebabkan perangkat sedang dalam fase pemanasan dan belum mencapai suhu pengoperasian. Hal ini dapat dihindari dengan mematuhi waktu pemanasan setelah menyalakan perangkat, dimana simbol “xx”: menandakan waktu dalam menit. (8.1, 49)
  • ERR”, menandakan nilai yang ditampilkan tidak valid, maka atur atau setel perangkat ke Nol (set device to zero).

Oke sobatlab sekarang hampir tiba nih dibagian penutup artikel ini, jika sobatlab bingung atau kesulitan dalam mengatasi masalah trouble shooting pada neraca analitik ini sobatlab bisa menghubungi minlab kok dan konsultasikan secara langsung masalah yang sobatlab hadapin, minlab bisa dihubungi di nomor WA 08118135828 atau melalui email di info@sainsteel.co.id.

Penutup

Akhir kata, semoga sobat lab semua mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari artikel yang minlab tulis, jika ada kebutuhan alat neraca analitik minlab bisa merekomendasikan produk-produk berkualitas dan pasti cocok dengan kebutuhan sobat lab semua, pelajari apa yang bisa minlab support untuk kemajuan lab kamu di katalog produk neraca analitik . Banyak informasi menarik yang bisa sobat lab dapatin disana. Sampai ketemu di artikel minlab selanjutnya. 🙂

Quotation Form

Troubleshooting Neraca Neraca Analitik