26 Alat dan Instrumen yang dapat di sterilisasi dengan autoclave

Peralatan Laboratorium
Pexel.com | Rodolfo Clix

Halo Sobat Lab ketemu lagi sama mimin disini, artikel mimin kali ini masih dengan topik Autoclave yang mana artikel mimin kali ini ngebahas alat dan instumen yang dapat di sterilisasi dengan metode sterilisasi basah dengan menggunakan Autoclave Sterilisator dalam dunia medis dan laboratorium. Bagi Sobat Lab yang belum ngerti dengan fungsi atau cara kerjanya autoclave bisa liat di artikel mimin sebelumnya Fungsi Autoclave Dalam Proses Sterilisasi

Yuk gak usah panjang lebar lagi langsung ke topik pembahasan kita..

Setiap peralatan medis yang telah selesai kita gunakan pasti gak akan luput dari yang namanya bakteri, virus, spora dan jamur kan sobat. Jenis mikroorganisme hidup tersebut yang timbul akibat pemakaian, pengujian, dan percobaan didalam ruang operasi atau laboratorium kita. Proses sterilisasi ini merupakan suatu metode yang digunakan untuk menghilangkan atau mengeliminir semua mikroorganisme tersebut. Dan program sterilisasi untuk alat medis juga tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan №124/Menkes/SK/2004.

Dalam kesempatan kali ini mimin menjelaskan proses sterilisasi alat-alat dengan autoclave, proses sterilisasi dengan autoclave bersifat basah yakni dengan metode penguapan uap air jenuh bertekanan dengan suhu 121°C selama 15 menit.

Disini mimin sudah merangkum Alat Medis yang dapat di sterilisasi dengan Autoclave berdasarkan bahan dari alat itu sendiri.

Alat berbahan logam

Jenis perlatan ini banyak dijumpai pada bidangn industri kesehatan atau medis

1. Instrument Tray

Stainless Tray

Atau biasa disebut dengan nampan tanpa tutup, biasa digunakan untuk meletekkan alat-alat medis yang belum steril.

2. Instrument Tray with Cover

Stainless Tray with cover

Atau biasa disebut dengan nampan dengan penutup, bisasa digunakan untuk meletakkan alat-alat medis yang telah steril

3. Needle Holders

Needle Holders

Alat yang berfungsi untuk menjepit jarum jahit atau menjahit luka yang terbuka

4. Forceps

Forceps Surgical Instrument

Merupakan alat yang terdiri dari dua buah sisi keping yang saling berhadapan, alat yang dapat dikendalikan (Dapat dijepitkan atau dilepaskan) oleh pegangan atau ditekan langsung oleh keping-keping tersebut.

5. Scissors

Scissors

 

Atau biasa disebut dengan gunting adalah alat yang dipergunakan untuk memotong suatu alat atau benda

6. Scalpel

Scalpel

Atau biasa disebut pisau bedah berfungsi untuk memotong atau merobek suatu alat atau benda 

Alat berbahan kaca

7. Tabung Reaksi

Tabung Reaksi

Tabung Reaksi adalah alat uji kuantitatif yang berbahan dasar kaca atau plastic yang berfungsi untuk mencampur, menampung dan memanaskan bahan-bahan kimia barbentuk cair ataupun padat.

8. Gelas Kimia (Beaker)

Beaker Glass

Adalah alat yang berfungsi untuk melarutkan bahan kimia cair, padat, pasta ataupun tepung serta dapat digunakan sebagai mereaksikan bahan kimia.

9. Erlenmeyer

Erlenmeyer

Erlenmeyer adalah alat laboratorium berbahan dasar kaca borosilikat yang tahan terhadap panas, berbentuk kerucut dengan leher silinder yang berfungsi untuk mengukur, mencampur dan menyimpan cairan. Dalam laboratorium mikrobiologi alat ini digunakan untuk membantu proses pembiakan mikroba.

10. Gelas Ukur (Measuring Cylinder)

Measuring Cylinder

Berfungsi untuk mengukur suatu larutan dengan volume tertentu yang tidak memerlukan keakuratan tinggi, berbentuk seperti pipa yang mempunyai kaki dan terdapat bibir tuang untuk memudahkan menuangkan suatu larutan cair.

11. Labu Ukur (Volumetric Flask)

Volumetric Flask

Berfungsi untuk mengencerkan larutan dengan jumlah volume tertentu, alat ini lebih akurat dibandingkan gelas ukur dan gelas beaker. Berbentuk seperti labu pada sisi bagian bawah dan berbentuk seperti pipa pada bagian atasnya

12. Corong Pemisah (Separator Funnel)

Separator Funnel

Berfungsi untuk memisahkan cairan atau pasta dari dua campuran atau lebih yang berbeda berat jenisnya. Alat ini biasanya ditempatkan pada ring besi yang dipasang pada statif

13. Labu Distilasi (Distillation Flask)

Distillation Flask

Adalah alat yang berfungsi sebagai pemisah dua komponen fisik berdasarkan volatilitas komponen dalam campuran air mendidih.

14. Pipet Tetes (Dropper Disposable pipette)

Dropper Disposable pipette

Berfungsi untuk membantu pemindahan suatu cairan dari satu wadah ke wadah lainnya dalam jumlah yang relatif sedikit. Alat ini sangat penting terutama dalam membantu menepatkan pengukuran larutan dan pada saat pengenceran.

15. Pipet Volume (Pipette Volumetric)

Pipette Volumetric

Berfungsi untuk mengambil sampel larutan dengan volume tertentu dan mempunyai ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan pada gelas ukur. Alat ini juga disebut pipet gondok karena terdapat seperti tembolok pada bagian tengahnya.

16. Pipet Ukur (Measuring Pipette)

Measuring Pipette

Berfungsi untuk mengambil sampel larutan dengan volume tertentu dan mempunyai ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan pada gelas ukur.

17. Kaca Arloji (Watch Glass)

Watch Glass

Berfungsi sebagai alat penimbang bahan berupa padatan atau cairan dan juga dapat menjadi alat penutup wadah pada proses penguapan dan pemanasan.

18. Cawan Petri (Petri Dish)

Cawan Petridish

Cawan Petridish adalah wadah berbahan kaca atau plastic yang berfungsi untuk membiakkan sel serta sebagai media mengkultur bakteri, khamir, spora atau biji-bijian

19. Buret

Burette chemistry

Berfungsi untuk menempatkan suatu larutan tertentu yang akan digunakan untuk proses titrasi, alat ini juga dapat digunakan sebagai alat ukur suatu cairan.

Alat berbahan karet

20. Sarung Tangan (Hand Gloves)

Sarung tangan karet  

Semua sudah pasti tau dengan fungsi alat satu ini, alat yang dipergunakan untuk melindungi tangan dari sesuatu yang tidak boleh tersentuh langsung oleh tangan kita

21. Selang Kateter (Foley Catheter)

Selang kateter

Alat yang digunakan dalam proses kateterisasi yang berfungsi untuk memasukkan atau mengeluarkan cairan melalui kandung kemih dari dan keluar tubuh manusia.

22. Pipa Makanan (Feeding tube)

Pipa makanan

Adalah alat bantu medis yang digunakan untuk mengatasi masalah pemberian nutrisi pada pasien yang mengalami kesulitan menelan atau menolak untuk makan.

23. Boneka Phantom (Phantom Doll)

Boneka Phantom

Adalah alat peraga berbentuk anatomi tubuh manusia beebahan dasar karet silikon yang berfungsi sebagai media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari. Boneka phantom ini banyak digunakan oleh siswa-siswi di sekolah kebidanan, kedokteran atau keperawatan dalan menangani pasien.

24. Selang Infus

Selang Infus

Alat yang berfungsi untuk menyalurkan cairan infus seperti obat, nutrisi dan sebagainya kedalam tubuh manusia.

Alat Berbahan Porselen

25. Penumbuk Obat

Tumbukan Obat

Alat yang digunakan untuk menumbuk, menggiling, mengulek obak.

Alat Berbahan Plastik

Tidak semua peralatan medis berbahan plastik bisa di sterilisasi dengan autoclave ya sobat, harus ditinjau ulang apakah bahan dasar dari plastik itu sendiri autoclavable atau gak, nih mimin lampirin chart-nya:

Plasticware autoclave chart

Alat Berbahan Tenunan

26. Kain Kassa

Kain Kasa

Adalah kain berbahan khusus yang berfungsi sebagai penutup luka agar luka tersebut tidak terkena debu dan kotoran yang dapat menyebabkan infeksi. Penggunaan kain kassa steril juga dapat dibutuhkan untuk menekan pendarahan

Nah dari jabaran yang mimin kasih diatas tidak semua alat-alat bisa di sterilisasi dengan autoclave ya sobat lab, harus ditinjau ulang apakah bahan dasar dari alat tersebut masuk kategori autoclavable atau gak karena jika salah-salah malah ngerugiin kamu dan alat yang kamu steril malah jadi rusak tidak terpakai.

Demikian artikel ini mimin buat semoga bermanfaat bagi kalian ya, sampai ketemu di artikel mimin selanjutnya…

Salam

Mimin

Sumber: Academia | Industrial Spec