Article

Product

Brand

Product Country

Cara Penanganan Ketika Troubleshooting Pada Vortex Mixer

Ketemu lagi dengan minlab, semoga gak bosen-bosen ya dengan artikel yang minlab kasih. Kesempatan kali ini minlab sharing artikel bagaimana penanganan troubleshooting pada vortex mixer yang mungkin berguna untuk sobat lab semua, tanpa panjang lebar langsung aja ke pembahasannya. 

Jika belum mengerti apa itu vortex mixer simak artikel minlab sebelumnya tentang fungsi vortex mixer beserta cara penggunaannya.

Cara Kerja Vortex Mixer

Prinsip kerja vortex mixer yaitu mencampur/mixing/menghomogen agar komposisi sample rata. Vortex mixer terdiri dari sebuah motor listrik yang dipasang vertikal dan diujungnya terdapat karet yang dipasang sedikit keluar dari posisi tengah. Kemudian ketika wadah atau tabung reaksi yang sesuai dengan ukuran karet dan kemudian di masukan maka wadah atau tabung akan mengikuti perputaran motor. 

Dengan kata lain, perangkat vortex mixer tersusun atas motor mesin yang dialiri listrik dan memiliki poros penggerak. Poros tersebut akan bergerak vertikal saat perangkat dihidupkan/dinyalakan. Untuk menampung sampel, perangkat ini memanfaatkan potongan karet yang dipasang sedikit di luar pusat alat.

Potongan karet tersebut kemudian akan ikut bergerak karena poros penggerak pada motor mesin. Motor mesin berosilasi dengan karet dalam gerakan melingkar yang sangat cepat. Gerakan ini kemudian akan menciptakan pusaran pada cairan. Pusaran tersebut akan menyatukan zat-zat yang sebelumnya terpisah hingga molekulnya terseragamkan.

Pada umumnya, platform (3 inci) yang terdapat pada perangkat menerima tabung reaksi tunggal atau ganda, gelas kimia dan berbagai labu. Penutup yang dapat dilepas, dibuat karet termoplastik, sangat tahan terhadap bahan kimia.

Namun, disarankan agar tumpahan dibersihkan dengan cepat. Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan Platform 3 inci tanpa penutup karet. Piala Pop-off dapat menampung tabung hampir semua ukuran atau bentuk dari tabung mikro hingga yang berukuran hingga 40mm diameter dan panjang 200 mm. Dalam kebanyakan kasus, tabung tanpa tutup dapat dicampur dengan kontrol kecepatan yang tepat  Tabung harus ditutup ketika aerosol potensial mungkin berbahaya.

Bagian-bagian Vortex Mixer

Bagian-bagian Vortex Mixer

  1. Rubber
  2. Platform
  3. Pop-off Cup
  4. Spring, Extension, Eccentric
  5. Motor Assembly (100/120/230V Opsional)
  6. Speed Control (100/120/240V opsional)
  7. Bottom closure dengan Feet Kit
  8. Digital Pulse Board/ Micro switch
  9. Knob, Push On & Switch On/Off  
  10. Pulse Eccentric with Clamp Assembly
  11. Line Cord (plug opsional)

Troubleshooting pada Vortex Mixer

Beberapa kegagalan pengoperasian pada air shower dapat diketahui melalui berbagai indikasi, yang dapat dilihat pada table di bawah ini:

MASALAH

PENYEBAB

TINDAKAN

Perangkat tidak berjalan

Obstruksi (gangguan) mekanis atau Obstruksi motorik

 

Lepas penghalang dan tekan cup-head beberapa kali untuk memastikan tidak ada halangan. Jika masalah tetap terjadi, hubungi penyedia layanan atau teknisi profesional untuk perbaikan.

Perangkat terlalu berisik

Kipas sensor tidak sejajar atau Motor tidak selaras

Kendala ini tidak dapat diperbaiki oleh end user. Silakan hubungi penyedia layanan atau teknisi yang ditunjuk untuk perbaikan

Penutup

Akhir kata, semoga sobat ab semua mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari artikel troubleshooting Pada Vortex Mixer, jika ada kebutuhan dengan alat Vortex Mixer minlab bisa merekomendasikan produk-produk berkualitas dan pasti cocok dengan kebutuhan sobat lab semua, pelajari apa yang bisa minlab support untuk kemajuan lab kamu di katalog produk vortex mixer. Banyak informasi menarik yang bisa sobat lab dapatin disana. Sampai ketemu di artikel minlab selanjutnya. 🙂

Cek Profil lengkap perusahaan kami dan dapatkan penawaran menarik produk-produk laboratorium, cleanroom, kesehatan dan industri.

Quotation Form

Troubleshooting pada Vortex Mixer