Article

Product

Brand

Product Country

pemeliharaan Hirayama HVE-50

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

Berikut adalah artikel tentang 5 langkah Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50 yang perlu kamu ketahui, simak penjelasan lengkap nya, check this out!

Apa itu Autoclave Hirayama HVE-50?

Hirayama HVE-50 merupakan salah satu tipe autoclave yang cocok untuk digunakan dalam proses sterilisasi di laboratorium. Autoclave ini memiliki kapasitas 50 liter dan dapat mencapai tekanan maksimal 18 bar.

Salah satu keunggulan utama Hirayama HVE-50 adalah sistem kunci tutup elektromekanis yang memudahkan Anda dalam membuka dan menutup tutup autoclave dengan satu sentuhan saja. Selain itu, autoclave ini juga memiliki mekanisme interlock ganda yang memastikan bahwa tutup terkunci dengan aman selama proses sterilisasi berlangsung.

Selain itu, Hirayama HVE-50 juga dilengkapi dengan fitur pulse exhaust yang membantu mengeluarkan udara sisa secara efisien selama proses sterilisasi. Fitur ini memastikan bahwa proses sterilisasi dilakukan dengan tepat dan efisien.

Autoclave ini juga memiliki fitur memori yang memungkinkan Anda untuk menyimpan set pengaturan yang telah Anda buat sebelumnya. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering menggunakan autoclave untuk proses sterilisasi yang sama.

Terakhir, Hirayama HVE-50 juga memiliki fitur pemanas yang tidak mengentalkan media agar. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang menggunakan media agar dalam proses sterilisasi, karena media agar akan tetap dalam keadaan yang sesuai untuk digunakan.

1. Kuras Botol Pembuangan

Air akan terkumpul di dalam botol pembuangan saat operasi diulang. Jika tingkat air di atas tingkat TINGGI (tingkat air tertinggi yang diizinkan), keluarkan air dari botol sesuai dengan prosedur berikut.

Perhatian: Jangan keluarkan botol pembuangan sebelum air di dalamnya cukup dingin.

I. Lepaskan botol pembuangan dari body

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

Tarik botol keluar sampai bagian atas yang dapat Anda pegang dengan aman.

II. Letakkan botol di bak pencuci dengan posisi isian air dan saluran pembuangan mengarah ke bawah

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

Air yang berlebih akan terkuras secara otomatis sampai tingkat air turun ke tingkat RENDAH (tingkat air terendah yang diijinkan).

III. Pastikan level air berada pada level RENDAH

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

Pastikan tingkat air dibiarkan pada tingkat RENDAH (tingkat terendah yang diijinkan), yang diperlukan untuk pendinginan uap yang cukup.

IV. Memasukkan botol pembuangan ke dalam area penyimpanan botol.
Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

Pastikan untuk mendorong botol sampai akhir, jika tidak maka akan terjadi kesalahan (ErE).

2. Kuras Ruang Chamber

Kuras ruang chamber setiap minggu sekali dan setiap kali terjadi tumpahan ke dalam chamber.

Saat berencana mematikan peralatan untuk waktu yang lama, pastikan untuk membersihkan ruang chamber terlebih dahulu untuk mencegah penyumbatan pipa. Setelah memastikan bahwa chamber sudah cukup dingin, keluarkan air dari ruang sesuai dengan prosedur berikut.

Perhatian: Jangan membuka botol pembuangan atau mengeluarkan air dari chamber saat chamber berada di bawah tekanan. Air mendidih atau uap dapat menyembur keluar dan menyebabkan luka bakar.
 

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

  1. Buka Penutup
  2. Sambungkan salah satu ujung selang pembuangan ke keran katup pembuangan yang terletak di bagian bawah sisi kanan body.
  3. Masukkan ujung selang yang lain ke dalam wadah.
  4. Lepaskan botol pembuangan dari body.
  5. Putar kenop katup pembuangan, yang terletak di bagian bawah area penyimpanan botol pembuangan, berlawanan arah jarum jam untuk membuka.
  6. Periksa apakah pengeluaran air dari chamber sudah selesai.
  7. Putar kenop searah jarum jam untuk menutup katup pembuangan. Pastikan bahwa katup pembuangan tertutup dengan benar.

 

3. Bersihkan Ruang Chamber

Perhatian: Pemanas menyediakan sensor suhu. Berhati-hatilah saat membersihkan agar tidak merusak sensor ini.

I. Lepaskan pelat bawah untuk memeriksa apakah bagian bawah ruang atau permukaan pemanas kotor. Setelah membersihkan chamber, bersihkan area ini dengan sikat lembut atau alat penyedot debu sambil mengoleskan air dan memastikan bahwa katup pembuangan tetap terbuka.

II. Jika sensor suhu terlepas dari klip pemegangnya, pasang kembali dengan benar.

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

4. Bersihkan Area Body

Penting: Jangan gunakan bensin atau tiner untuk membersihkan bagian body. Pastikan juga bahwa zat mudah terbakar seperti insektisida tidak menyentuh bagian body, karena zat tersebut dapat merusak body atau menghilangkan catnya.

Bersihkan noda dari bagian body dengan lembut menggunakan kain berserat lembut atau kain pembersih. Untuk menghilangkan noda yang sulit dihilangkan, basahi kain dengan campuran deterjen netral yang diencerkan dengan air, dan bersihkan noda dengan itu. Keringkan bagian body dengan kain kering setelah dibersihkan.

5. Ganti Lid Gasket

Lid Gasket dengan tepi yang memutih dapat menyebabkan kebocoran uap. Ganti packing tutup jika terlihat rusak atau kotor, dan pastikan untuk membersihkannya dengan lembut menggunakan campuran deterjen netral yang diencerkan dengan air. Keringkan tutup dengan kain kering setelah dibersihkan.

Tutorial Autoclave #3: Panduan Pemeliharaan Hirayama HVE-50

a. Buka tutupnya.

b. Gunakan obeng minus untuk membuka bagian bawah pita packing, kemudian lepaskan packing lama.

c. Bersihkan bagian dari ruang yang telah bersentuhan dengan packing lama menggunakan kain bersih.

d. Lepaskan pita packing dari packing lama, kemudian bersihkan kotoran yang ada di pita packing dengan kain bersih.

e. Pasang pita packing ke packing baru:

  1. Letakkan packing baru pada permukaan yang datar, kemudian dorong pita packing ke dalam sampai mengenai dasar alur.
  2. Masukkan kabel pengaman ke dalam alur untuk mencegah packing dari terlepas.

d. Pasang packing baru di dalam chamber:

  1. Dorong packing hingga seluruh bagian yang terlihat dari packing mengenai tepi chamber. Masukkan packing secara bertahap dan merata sambil menekan telapak tangan Anda pada packing. Jika pita packing mulai terlepas, tekan tongkat kayu ke arahnya untuk mendorong packing ke dalam alur di packing, namun hati-hati agar tidak merusak packing.
  2. Dorong packing hingga menyentuh permukaan logam. Saat packing benar-benar didorong masuk, bagian datar akan terletak pada tingkat yang sedikit lebih rendah dari tepi chamber.
  3. Selain itu, gerakkan jari Anda ke bagian datar packing untuk menghilangkan penyimpangan pada permukaan packing. Permukaan packing yang tidak rata akan menyulitkan penutupan tutup.

e. Lepaskan kabel pengaman yang mencegah packing dari terlepas.

f. Ikuti prosedur pengoperasian biasa untuk menghidupkan peralatan dan periksa apakah packing penutup tersebut kebocoran.

Pemeliharaan Autoclave Hirayama HVE-50 merupakan hal yang penting untuk menjaga kinerja Autoclave anda agar tetap stabil. Panduan lain tentang Autoclave bisa ditemukan pada Tutorial Autoclave yang telah kami sediakan. Namun jika masih mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah yang ada pada Autoclave anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim kami dengan senang hati akan siap membantu anda dalam mengatasi masalah atau keluhan yang anda hadapi.

Pusat Alat Labotatorium merupakan website yang dikelola oleh perusahaan PT. Sains Steelindo Prima menyediakan Autoclave dari brand terkemuka Hirayama, Jepang dengan beragam tipe dan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan sterlisasi anda. Kami menawarkan autoclave sterilizer dengan harga yang kompetitif dan memiliki banyak alat yang ready stock di gudang kami, sehingga memudahkan proses penjualan, instalasi, dan training di seluruh wilayah Indonesia.

Sejak tahun 2015, PT. Sains Steelindo Prima telah berpengalaman sebagai distributor yang menyediakan peralatan dan kebutuhan untuk laboratorium, rumah sakit, dan industri di Indonesia. Cek promo terbaru kami dan dapatkan penawaran harga spesial untuk kebutuhan laboratorium anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui nomor whatsapp 08118135828 atau email info@sainsteel.co.id.

Quotation Form

pemeliharaan Hirayama HVE-50
×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Apa yang bisa kami bantu?